Fisiologi obesitas

Suhu rektum dapat mencerminkan suhu pusat tubuh core temperature. Curr Med Chemist ; Orexin dan mediator lain yang diproduksi hipothalamus bekerja dalam mekanisme umpan balik sentral yang mengatur perilaku makan. Regio posterior diaktifkan oleh suhu dingin dan kemudian memici reflex-refleks yang memperantarai produksi panas dan konservasi panas.

Neuropeptida utama yang meningkatkan nafsu makan adalah neuropeptida Y. Pada manusia, sel-sel lemak mengekspresi produk gen yang sama dengan gen UCP-2 pada tikus. Jumlah panas yang hilang ke lingkungan melalui radiasi dan konduksi-konveksi ditentukan oleh perbedaan suhu antara kulit dan lingkungan eksternal.

Obesitas merupakan kelainan metabolisme yang cenderung semakin meningkat prevalensinya dinegara-negara maju maupun negara-negara berkembang sehingga menimbulkan berbagai komorbitas.

Makan Sambil Main Ponsel Bisa Bikin Obesitas

Orang yang mempunyai kelebihan sel lemak dianggap memiliki pengaturan lemak lebih tinggi oleh mekanisme otoregulasi umpan balik neurogenik untuk pengendalian jaringan adsiposa. Semoga Bermanfaat. Hasil sebuah riset mengungkapkan, ada bahaya tersembunyi di balik kebiasaan ini.

PATOFISIOLOGI OBESITAS PADA ANAK EPUB DOWNLOAD

Proses-proses fisiologis dipercaya dapat berkontribusi terhadap meningkatnya simpanan lemak pada perempuan. Klasifikasi berat badan dihubungkan dengan risiko ko-morbiditas berdasarkan lingkar pinggang untuk populasi penduduk Asia. Johnson Tadinya ia mengira mungkin sedang hamil karena perutnya besar dan sudah 2 bulan ia tidak mendapat haid.

Percobaan genetik pada hewan dapat membantu kita dalam memahami proses regulasi metabolisme lemak. Disamping itu telah pula ditemukan peptida lain yang bekerja berlawanan dengan ghrelin yang disebut obestatin. Distribusi lemak tubuh juga berbeda berdasarkan jenis kelamin. Leptin juga bekerja pada target penting lainnya yaitu meningkatkan ekspresi gen corticotropin-releasing factor CRF didalam hipothalamus sehingga mengurangi asupan makan.

Ilustasi makan sambil main ponsel pintar. Related Post. Obesitas merupakan permasalahan kesehatan global. Ia pun mengeluh otot-ototnya sangat lemah dan ia cepat merasa patofisiologi obesitas pada anak. Sistem regulasi keseimbangan energi yang efektif memerlukan beberapa mekanisme, antara lain: Namun masih terdapat berbagai neuropeptida lain yang dapat meningkatkan nafsu makan, antara lain: Karena kebanyakan pasien obes memiliki kadar leptin dan gen OB-R yang normal, jadi obesitas nampaknya mempunyai penyebab multipel termasuk faktor2 lingkungan dan adanya hubungan alel dari berbagai gen yang berperan dalam pengaturan metabolisme energi.

Kedua proses ini berintegrasi untuk menentukan besarnya asupan makanan dan energi yang dikeluarkan. Berat badan harus selalu dievaluasi dalam konteks riwayat berat badan yang meliputi gaya hidup maupun status berat badan yang terakhir.Obesitas juga berhubungan dengan penyakit-penyakit yang dapat menurunkan kualitas hidup.

Sementara itu, overweight atau kelebihan berat badan adalah keadaan di mana berat badan (BB) seseorang melebihi BB normal. Obesitas terjadi karena adanya kelebihan energi yang disimpan dalam bentuk jaringan lemak. Gangguan keseimbangan energi ini dapat disebabkan oleh faktor eksogen (obesitas primer) sebagai akibat nutrisional (90%) dan faktor endogen (obesitas sekunder) akibat adanya kelainan hormonal, sindrom atau defek genetik (meliputi 10%).Author: ALBADAN.

patofisiologi obesitas

Scribd is the world's largest social reading and publishing site. Patofisiologi dan Diagnosis Obesitas Alwi Shahab Bagian Penyakit Dalam FK Unsri/RSMH Palembang I. Pendahuluan Obesitas didefinisikan sebagai suatu keadaan ketidakseimbangan antara asupan dan pengeluaran kalori sehingga menyebabkan kelebihan akumulasi lemak didalam tubuh.

PATOFISIOLOGI OBESITAS PADA ANAK EPUB DOWNLOAD Hubungan aktivitas fisik dengan komposisi tubuh pada remaja. Tesis.

Semarang. Obesitas pada anak. Divisi. Etiologi dan patofisiologi obesitas. Obesitas.

PATOFISIOLOGI OBESITAS.pptx

Persiapan pre-operatif bedah non-obstetrik pada kehamilan. Obesitas terjadi karena adanya kelebihan energi yang disimpan dalam bentuk jaringan lemak. Gangguan keseimbangan energi ini dapat disebabkan oleh faktor eksogen (obesitas primer) sebagai akibat nutrisional (90%) dan faktor endogen (obesitas sekunder) akibat adanya kelainan hormonal, sindrom atau defek genetik (meliputi 10%).

Fisiologi obesitas
Rated 4/5 based on 50 review