Makalah menu diet gizi seimbang

Sayuran daun berwarna hijau tua seperti bayam, brokoli merupakan sumber beta karoten yang dapat diubah menjadi vitamin A oleh tubuh, serta vitamin lain seperti vitamin C, folat dan mineral seperti magnesium dan kalium. Jenis Nutrisi: ASI harus diberikan kepada bayi segera setelah dilahirkan sekitar 30 menit setelah lahir karena kandungan kolostrum yang mengandung zat kekebalan dan vitamin A tinggi.

Jenis makanan ini mengandung kalori dan sedikit nutrisi maka diletakkan dibagian atas piramida dan disarankan untuk membatasi konsumsi jenis makanan ini. Penanganan primer diabetes tipe II adalah dengan menurunkan berat badan, karena resistensi insulin berkaitan dengan obesitas.

Sebelum membicarakan pedoman diet, ada beberapa istilah dalam bidang gizi dan diet yang perlu didefinisikan. Jika bayi anda memlikiki resiko tinggi, kacang harus dihindari dari bayi anda dengan cara anda tidak mengkonsumsi kacang selama menyusui, dan setidaknya anak tidak boleh makan kacang sampai usia 3 tahun.

Kecuali apabila makanan yang akan diolah sengaja diubah bentuk fisiknya misalnya ikan dijadikan tepung, dll. Menjaga keseimbangan gizi pada ibu hamil sangat di perlukan agar kondisi ibu dan janin tetap sehat dengan memberikan makanan yang cukup mengandung karbonhidrat dan lemak sebagai sumber zat tenaga.

Bagaimana cara menyusun menu menurut gizi seimbang? Jadi seharusnya tidak ada kesulitan dalam pengaturan menu makanan selama hamil. Vitamin adalah zat gizi yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh, jadi vitamin dapat didapatkan dengan cara menonsumsi buah-buahan dan juga sayuran.

Oleh karena itu, diharapkan tidak ada kesulitan dalam pengaturan menu selama hamil. Seseorang yang tidak makan pagi memiliki resiko menderita gangguan kesehatan berupa menurunnya kadar gula darah dengan tanda-tanda antara lain: Konsumsi makanan dan buah-buahan yang mengandung Vitamin D, magnesium dan zinc juga diperlukan untuk memperlancar penyerapan kalsium.

Garam beryodium adalah garam yang telah diperkaya dengan KIO3 kalium iodat sebanyak ppm atau 30 mg dalam 1 kg garam.

Tujuan Umum Untuk memenuhi tugas mata kuliah dan menambah pengetahuan mahasiswa tentang pengetahuan ibu hamil tentang gizi seimbang pada saat kehamilan. Makanan beraneka ragam, makanan sangat bermanfaat bagi kesehatan karena dapat mencukupi kebutuhan gizi yaitu terpenuhinya kecukupan sumber zat tenaga, zat pembangunan dan zat pengatur.

Sumber makanan seperti: Keadaan gizi yang baik dapat meningkatkan kesehatan individu dan masyarakat. Gizi yang baik membuat berat badan normal atau sehat, tubuh tidak mudah terkena penyakit infeksi, produktivitas kerja meningkat serta terlindung dari penyakit kronis dan kematian dini. Karena masa penyesuaian tubuh ibu terhadap perubahan fungsi tubuh.

Kebiasaan seseorang menghindari makan pagi dengan tujuan menurunkan berat badan merupakan kekeliuran yang mengganggu kondisi kesehatan misalnya berupa gangguan pada saluran pencernaan seperti sakit maag.

Epidemiologi Diabetes melitus merupakan penyakit kronis yang menyerang kurang lebih 12 juta orang. Untuk membuat air susu, enzim dan hormon air susu yang diberikan ibu kepadabayinya dibuat dari makanan ibu itu sendiri.

Bahan makanan yang berbau merangsang: Asam lemak omega 6, yaitu asam lemak linolat LNAyang didalam tubuh dikonversi menjadi asam lemak arakidonat yang berfungsi untuk membantu pertumbuhan dan janin bayi serta kseehatan kulit ibu, janin dan bayi.

Untuk menjaga kesehatan, dianjurkan menngkonsumsi sayuran porsi sehari. Tetapi seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan saat ini, maka disadari bahwa kebutuhan gizi tidak dapat disamaratakan untuk setiap orang pada setiap usia.

Makanlah makanan sumber karbohidrat setengah dari kebutuhan energi. Disamping itu olahraga juga dapat memperlambat proses penuaan.

Mengetahui hakikat gizi seimbang.

Makalah Gizi Seimbang

Bervariasi sehingga tidak menimbulkan kebosanan. Untuk mengetahui pengertian Caring 3.Dasar perlunya gizi seimbang bagi ibu hamil pada masa kehamilan merupakan masa terjadinya stress fisiologi pada ibu hamil.

Ibu hamil sebenernya sama dengan ibu yang tidak hamil, namun kualitas dan kuantiatasnya perlu ditingkatkan melalui pola makan yang baik dengan memilih menu seimbang dengan jenis makanan yang bervariasi (Purwita Sari, ).

22/10/ · Demikianlah materi tentang Makalah Gizi Seimbang yang sempat kami berikan. semoga materi yang kami berikan dan jangan lupa juga untuk menyimak materi seputar Makalah Genetika yang telah kami posting sebelumnya.

semoga materi yang kami berikan dapat membantu menambah wawasan anda semikian dan terimah kasih.

Makalah Gizi dan Diet

Semoga dapat membantu menambah wawasan anda. Menyebutkan menu makanan bergizi seimbang bagi tubuh. 2. Mengidentifikasi kandungan makanan berdasarkan protein, karbohidrat, mineral, lemak, vitamin (gizi seimbang).

Dasar perlunya gizi seimbang bagi ibu hamil pada masa kehamilan merupakan masa terjadinya stress fisiologi pada ibu hamil. Ibu hamil sebenernya sama dengan ibu yang tidak hamil, namun kualitas dan kuantiatasnya perlu ditingkatkan melalui pola makan yang baik dengan memilih menu seimbang dengan jenis makanan yang bervariasi (Purwita Sari, ).Author: Susilawati Blog.

untuk mencapai sertaa memelihara kesehatan dan status gizi optimal, tubuh perlu mengkonsumsi makanan sehari-hari yang mengandung zat zat gizi yang seimbang. bila tubuh dapat mencerna, mengabsorfasi dan memetabolisme zat-zat gizi tersebut secara baik, maka akan tercapai keadaan gizi seimbang.

tetapi dalam keadaan sakit, melalui modifikasi diet Author: Kandafi.

Menu seimbang adalah menu yang terdiri dari beraneka ragam makanan dalam jumlah dan proporsi yang sesuai sehingga memenuhi kebutuhan gizi seseorang guna pemeliharaan dan perbaikan sel-sel tubuh dan proses kehidupan serta pertumbuhan dan perkembangan.

Makalah menu diet gizi seimbang
Rated 4/5 based on 16 review